Friday, December 30, 2011

Keramahan meningkatkan kekuatan otak

Share it Please

Kekuatan otak & korelasi kejiwaan



Kejiwaan dan Kekuatan Otak akan meningkat drastis, apabila kita bersikap terbuka dan ramah dalam pergaulan, penelitian terbaru Universitas Michigan menemukan korelasi itu.

Kekuatan otak dan kejiwaan manusia mempunyai korelasi kuat bila seseorang selalu bersikap terbuka dan ramah terhadap orang lain, demikian menurut Oscar Ybarra, psikolog peneliti dari Universitas Michigan yang dipublikasikan pada jurnal Social Psychological dan Personality Science di AS.

Sering berdiskusi dan sikap menghargai dapat membantu menguatkan jiwa dalam mengatasi kesulitan maupun tantangan pada kehidupan seseorang, namun bersikap sebaliknya tak mau kalah justeru hanya akan melemahkan kejiwaan sendiri.

Studi kekuatan otak dan kejiwaan

Studi tentang korelasi kekuatan otak dan kejiwaan yang dibantu oleh 192 mahasiswa ini menemukan bahwa bersosialisasi dan berteman akan menguatkan kejiwaan seseorang, menurut studi tersebut.

Efek pada kontak sosial akan mempengaruhi kondisi kognisi dan kekuatan otak manusia yang lazim dikenal sebagai fungsi eksekutif, dalam memori kerja, kemampuan menekan stress dari gangguan internal dan external serta pengendalian diri yang lebih kuat dalam mengatasi permasalahan hidup.

Pada penelitian terungkap bahwa jika seseorang bersosialisasi, bercakap-cakap sekitar 10 menit atau mempunyai kenalan baru akan sangat berpengaruh pada kekuatan otak dan kinerja seseorang. Namun ketika emosi mulai berperan dalam sosialisasi tersebut, saling ngotot tak mau bersikap ramah pada peserta studi lainnya. Hal itu tidak menunjukan perbaikan yang signifikan terhadap kekuatan otak dan fungsi kognitif justeru tidak menunjukan perbaikan atau kemajuan.

Menurut Oscar Ybarra, peningkatan kognitif dan kekuatan otak terjadi karena ada interaksi sosial yang mendorong fungsi kognitif peserta studi untuk mencoba melihat perspektif baru dan juga mendorong mereka untuk membaca pikiran peserta studi lainnya.

Misalnya diskusi yang dilakukan sebelum presentasi akan mendorong fungsi kognitif, fungsi eksekutif maupun kekuatan otak dan pikiran diantara para peserta studi.


-- Lowongan Kerja Indonesia --

No comments :

Post a Comment

Followers

Follow The Author