Tuesday, April 10, 2012

Kakek bunuh diri – Yunani Rusuh !

Share it Please

Kakek bunuh diri – Yunani Rusuh !

Sumber Jakarta Media Online: Seorang Kakek bunuh diri akibat lilitan hutang dan beban ekonomi memicu kerusuhan di Yunani !



Aksi nekat kakek bunuh diri, 77 tahun itu, menurut  saksi mata mengatakan, sambil berteriak putus asa karena terbelit hutang dan ekonomi yang sulit, kakek tersebut menembakan pistol kekepalanya didekat gedung parlemen Yunani ( Rabu, 4 April).

Aksi protes sang kakek, pensiuan salah satu ahli farmasi yang menembak mati dirinya itu kontan membuat marah ribuan massa demonstran serempak turun kejalan-jalan keesokan paginya. Pada saku baju sang kakek menulis, dia sudah tak tahan lagi terhadap kesulitan ekonomi dan dia tak mendapat keadilan, maka sebagai protes terhadap pemerintah Yunani, sang kakek lebih memilih aksi terhormat untuk bunuh diri, sebelum dirinya mengais makanan dari sampah, pesan kakek tersebut dengan nada putus asa dalam suratnya.

Ribuan warga yang mendengar aksi nekad bunuh diri akibat kemiskinan tersebut sontak marah kepada pemerintah Yunani yang dianggap sebagai biang keladi kemiskinan dan krisis ekonomi disana. Para Demonstran meneriakan bahwa aksi sang kakek bukan sebagai bunuh diri, “Ini adalah pembunuhan yang diperbuat negara, ini bukan bunuh diri !” para demonstran berteriak-teriak marah.

Ribuan warga membawa lilin dan aneka bunga kertas untuk menghormati kakek tersebut sambil mengecam krisis akibat kebijakan pemerintah. “Bagaimana mungkin seorang pensiunan dapat hidup layak dengan uang pensiun 300 Euro ?” kata Yurgnev salah satu demontran dengan nada pilu.

Menanggapi aksi nekat kakek bunuh diri itu, Lucas Papademos, Perdana Menteri Yunani, menyatakan ikut bersedih dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan kantor Perdana Menteri. Sejak 2010 lalu, Yunani terkena krisis ekonomi yang parah, sehingga keuangan negara tergantung pada pinjaman internasional.

Berbagai upaya pengetatan anggaran sudah dilakukan Pemerintah Yunani, termasuk pemotongan tunjangan dan pensiun pegawai, sehingga semakin membuat rakyat menderita dalam kemiskinan.


Apakah aksi protes kakek bunuh diri itu akan menjadi bola api liar di Yunani, seperti halnya yang terjadi di Tunisia dan Mesir yang berujung pada Revolusi Sosial, kita lihat saja nanti.

No comments :

Post a Comment

Followers

Follow The Author