Tuesday, April 30, 2013

Hi... ternyata memakan upil bisa meningkatkan kekebalan tubuh

Share it Please
Penelitian terbaru ternyata memakan upil sendiri bisa meningkatkan kekebalan tubuh...hi... | Lowongan Kerja Jabotabek

 Memamakan upil meningkatkan kekebalan tubuhn    

Meski mungkin menjijikan dan nyeleneh, Harian Online CBC merilis, Profesor Scott Napper, ahli biokimia dari University of Saskatchewan, Saskatoon, Kanada mengemukakan teorinya bahwa memakan upil sendiri bisa bermanfaat bagi kesehatan.    

Menurut teori Profesor ahli biokimia itu, dengan memakan upil, maka ada bakteri patogen yang ditangkap oleh lendir di dalam mulut, yang selanjutnya akan mengajarkan tubuh secara otomatis membentuk sistem kekebalan baru terhadap patogen (bakteri/kuman) yang ada di dalam upil tersebut.    

Kepada para mahasiswanya, ia bahkan mencontohkan kedua orang putrinya yang cantik telah mempraktekan hal tersebut, dengan menghabiskan banyak waktu dengan jari-jari di hidung mereka. Scott Napper juga mencatat bahwa lendir ingus memiliki rasa manis dan menjadi sinyal bagi tubuh untuk mengkonsumsinya yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Meski tidak dijelaskan berapa kali sehari putrinya mengkonsumsi upil setiap hari.   Disamping itu Napper juga mengemukakan hipotesis-nya cocok dengan teori lain yang meneliti hubungan antara peningkatan kebersihan yang dilakukan oleh orang secara berlebihan justeru akan meningkatkan gangguan alergi dan auto imun dalam sistem kekebalan tubuh.

 Menurut Hipotesis Profesor Napper, "Dari perspektif evolusi, kita berevolusi dalam kondisi sangat kotor dan mungkin terjadi keinginan untuk menjaga lingkungan kita dan perilaku kita steril, namun sebenarnya itu tidak benar-benar bekerja untuk keuntungan kita," katanya. Napper menambahkan, terkait dengan kebiasaan wajar mengupil, akan mengajarkan siswa bagaimana pertanyaan sederhana dapat menyebabkan penemuan ilmiah yang berharga.    

Selanjutnya ia meminta para mahasiswanya untuk membentuk kelompok relawan pada penelitian tersebut dan mencari respon imun terhadap molekul yang dikandung oleh kotoran hidung yang masuk kedalam mulut, yang selanjutnya bisa di uji untuk memvalidasinya.    

Terkait dengan memakan upil untuk meningkatkan kekebalan tubuh tersebut, Profesor Scott Napper meminta para siswanya untuk berpikir lebih keras, bukan hanya duduk dan mebuat catatan saja. Karena "Hakikat ilmu pengetahuan harus berdasarkan pada pertukaran ide", ujar Profesor eksentrik tersebut. 

Sumber :  Jakarta News Today

No comments :

Post a Comment

Followers

Follow The Author