Tuesday, April 10, 2012

Prof Dr. Haryono Suyono calon kuat Ketua Umum PERGERI

Share it Please

Sumber Jakarta Media: Kandidat Ketua Umum PERGERI Prof Dr. Haryono Suyono dinilai sangat pantas untuk dijagokan sebagai Ketua Umum Pergeri.


 
Pada Munas PERGERI dan Simposium Gerontologi dan Geriatri Medik di Semarang, pekan lalu, Prof Dr. Haryono Suyono, memaparkan pandangannya. Bahwa permasalahan ledakan penduduk lansia di Indonesia memerlukan strategi pemberdayaan keluarga seumur hidup, atau dengan kata lain mempersiapkan pemberdayaan manusia seutuhnya sebelum dan sesudah menjadi lansia.

Menurut Prof Dr. Hayono Suyono, saat ini penduduk seluruh dunia sudah mencapai angka 7 miliar jiwa, dan 1 miliar diantaranya adalah penduduk lansia dan Indonesia memiliki lebih dari 20 juta lansia, yang harus diberdayakan. Percepatan pertumbuhan lansia ini akibat susksesnya KB (Keluarga Berencana) yang juga dirintisnya pada era pemerintahan Soeharto,  kemajuan teknologi dan medis sehingga harapan hidup manusia menjadi lebih tinggi. 

Data dinegara maju menunjukan 24 persen laki-laki lansia masih aktif bekerja, oleh sebab itu Prof Dr. Hayono Suyono menuturkan, persiapan pemberdayaan lansia di Indonesia sudah bisa dimulai pada usia 50-55 tahun dengan berbagai tahapan. Pada lansia awal dengan rentang usia 50 s/d 80 tahun bisa mulai dengan mengikuti program pelatihan Silver College, dianjurkan untuk mulai aktif bergabung keberbagai organisasi sosial kemasyarakatan serta aktif mendirikan pos pemberdayaan bagi sesama lansia agar tetap produktif.

Kemudian pada tahapan selanjutnya lansia juga dianjurkan untuk mulai mengenal masyarakat diluar kantor atau diluar lingkungan tempat kerjanya. Sementara bila sudah memasuki usia 80 an, para lansia sudah menikmati hari tua yang sejahtera dan sekedar Tut Wuri Handayani pada aktifitas sosial dari karir yang dibinanya sejak memasuki lansia awal yang produktif (50-55 tahun).

Sementara itu menanggapi pencalonan dirinya, kandidat kuat Ketua Umum PERGERI, Prof Dr. Hayono Suyono kepada Jakarta Media Online, mengatakan, dirinya tidak berkeberatan bila diminta untuk menjadi Ketua Umum PERGERI, bila memang dibutuhkan dan sudah tidak ada orang lain lagi, mengingat kesibukannya yang begitu padat.

Seperti diketahui saat ini Prof Dr. Hayono Suyono selain sebagai Ketua Umum DNIKS (Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial) sebagai stake holder yang membawahi berbagai Organisasi Kesejahteraan Sosial Kemasyarakatan, aktifitasnya juga padat sebagai Ketua Umum pada berbagai organisasi, seperti Ketua Umum PWRI dan berbagai organisasi sosial kemasyarakatan lainnya.  

Namun tampaknya Ketua PERGERI yang juga pakar Gerontologi Indonesia, Dr. Tony Setiabudhi Ph.D, melihat kapabilitas Prof. Dr. Hayono Suyono sudah dikenal luas dikancah NGO Internasional sebagai sosok figur yang bisa dijadikan panutan dan membawa PERGERI lebih dikenal luas di forum internasional.

Dr. Tony Setiabudhi yakin dengan dukungan sekaliber Prof. Dr. Hayono Suyono dengan berbagai programnya mampu membawa kemajuan yang berarti bagi PERGERI pada khususnya dan kemajuan Gerontologi Indonesia pada umumnya.

Lebih jauh Dr. Tony Setiabudhi Ph.D memaparkan saat ini PERGERI membutuhkan figur pimpinan yang bukan hanya dikenal luas pada lingkup nasional, namun juga dikenal luas di forum internasional, jadi menurutnya Prof. Dr. Hayono Suyono adalah figur yang ideal untuk menjadi Ketua Umum PERGERI.

No comments :

Post a Comment

Followers

Follow The Author