Tuesday, April 10, 2012

Pemeriksaan kesehatan pra nikah wajibkah itu ?

Share it Please

Apa saja yang harus dipersiapkan pada saat anda akan menikah ? Sumber Jakarta Media Online mengungkapkan perlunya pemeriksaan kesehatan pra nikah agar hubungan lebih harmonis.



pemeriksaan kesehatan pra nikah

 

Rahasia Wanita & Mitos seputar pemeriksaan kesehatan pra nikah

Jakarta Media Online - Rahasia Wanita - Kebanyakan calon pasangan pengantin takut untuk melakukan tes kesehatan pra nikah, akibat adanya mitos-mitos yang keliru mengenai hal ini. Khususnya bagi wanita, mereka lebih memikirkan perasaan calon pasangan hidupnya ketimbang realita buruk yang bakal dihadapi bila kelak mereka menikah dan salah satu pasangan kebetulan mengidap penyakit menurun misalnya.

Pada umumnya pernikahan dianggap sebagai ikatan berdasarkan cinta.

Kenyataannya selain faktor cinta, faktor lain yang juga luput dari perhatian adalah faktor ingin memperoleh keturunan.

Bagi sebagian orang, terutama mereka yang baru mau menikah pada usia dewasa, pernikahan biasanya dilakukan atas pertimbangan meneruskan garis keturunan atau mempunyai anak. Bila pemeriksaan kesehatan dilakukan lebih awal, tentu masing-masing pasangan akan mengetahui kondisi kesehatan calon pasangannya, seperti masalah kesuburan reproduksi (fertilitas), kesiapan mental maupun kemungkinan calon pasangannya mengidap penyakit menurun tertentu yang kemungkinan bisa menurun kepada anak kelak, dapat terdeteksi dini dan bisa segera dicari jalan keluarnya.

Beberapa penyakit menurun antara lain Diabetes Melitus, Hepatitis B atau penyakit menurun lain yang cukup berbahaya. Thalassemia misalnya, suatu penyakit menurun yang mengakibatkan sel-sel darah merah sipengidap mudah rusak, Hemofilia (gangguan pada pembekuan darah).

Beberapa penyakit ini bisa menurun melalui pernikahan atau salah satu pasangan yang mengidapnya sebagai pembawa (carrier). Hal ini bisa diupayakan pengobatan lebih lanjut sebelum menikah dan dilanjutkan prosesnya setelah menikah.

Rahasia wanita – pada umumnya mitos keliru yang diamini oleh sebagian besar perempuan dewasa yang baru mau menikah, mereka berpikir bahwa pemeriksaan kesehatan sebaiknya dilakukan setelah menikah karena takut akan bisa mengakibatkan berakhirnya suatu hubungan adalah pandangan yang salah dan keliru.

Idealnya pemeriksaan tersebut bisa dilakukan beberapa bulan sebelum dilangsungkannya pernikahan, rangkaian ini perlu komitmen bersama yang serius diantara pasangan untuk mengawali membina keluarga yang harmonis tanpa ada rasa was-was mengenai problem kesehatan pasangannya.

Dengan dilakukannya pemeriksaan kesehatan pra nikah juga merupakan komitmen awal untuk menerima pasangan hidup sepenuhnya.

No comments :

Post a Comment

Followers

Follow The Author