Tuesday, April 10, 2012

Manfaat Vitamin A yang harus diketahui oleh ibu rumah tangga !

Share it Please

Berbagai manfaat vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata anak yang perlu diketahui oleh setiap ibu rumah tangga, sumber Jakarta Media Online

 
Kesehatan mata anak untuk bertumbuh-kembang perlu mendapat asupan vitamin A yang memadai, ini dapat diperoleh dari sumber-sumber alami, dan murah seperti sayuran dan wortel. Fungsi penglihatan anak masih akan terus berkembang hingga dia mencapai usia sekitar 10 tahun, untuk itu diperlukan asupan makanan bernutrisi tinggi, salah satunya adalah asupan vitamin A.

Kekurangan asupan vitamin A bagi kesehatan mata anak amat vital, bisa menimbulkan gangguan pada mata dan penglihatan mereka, antara lain penyakit rabun senja, kekeringan cairan pada kornea dan selaput mata. Disamping itu kekurangan vitamin A, akan mempengaruhi sistem imunitas dan kekbalan tubuh anak dalam jangka panjang, menyebabkan anak rentan terhadap sakit.

Penyakit rabun senja (Xeroftalmia) atau mata kering misalnya, terjadi akibat kekeringan pada konjungtiva (selaput lendir). Pada tahap awal terjadi bila anak mengalami kekurangan asupan vitamin A. Anak seringkali mengalami gangguan penglihatan pada sore hari menjelang senja. Atau dikenal sebagai penyakit rabun senja atau rabun ayam, dimana penglihatan seseorang akan samar-samar pada sore hari menjelang senja dan pandangan mata mengalami kesulitan akibat keringnya selaput lendir dan intensitas cahaya yang kurang.

Dalam jangka panjang rabun senja bisa menyebabkan kebutaan total bila tidak segera mendapat pengobatan dan asupan vitamin A. Gejala kesehatan mata anak yang terganggu akibat rabun senja mengakibatkan anak mengalami kesulitan untuk melihat benda yang ada didepannya, meskipun itu hanya berjarak 1-2 meter saja ketika sore hari, dimana intensitas cahaya menjadi sangat kurang.  

Mata yang normal memiliki pigmen rodopsinatau visual puple, pada pigmen itu vitamin A terikat di protein. Kemudian bila mata menerima intensitas cahaya secara otomatis pigmen akan mengkonversi rodopsin untuk kemudian berubah menjadi visual yellow dan visual white. Nah untuk proses konversi tersebut dibutuhkan asupan vitamin A yang cukup.
Bagi orang tua, sebaiknya memperhatikan kebutuhan vitamin A yang cukup bagi anak, karena vitamin A mudah diperoleh dari sayur-sayuran dan relatif murah untuk menjaga kesehatan mata anak.

No comments :

Post a Comment

Followers

Follow The Author